Sunday, April 17, 2016

Pengertian dan Perkembangan E-Commerce




Bisnis Online - Electronic Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:
1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;

2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;

3. Dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan

4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

PERKEMBANGAN E-COMMERCE

Di Indonesia, sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom, menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses transaksi secara online.

E-Commerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon. Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan atau perdagangan, sekarang ini, kita dapat menggunaka internet untuk melakukan perniagaan. 

E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
1. Business to business (B2B), bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain.
2. Business to consumer (B2C), retail sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi.
3. Consumer to consumer (C2C), sifatnya lelang (auction)
4. Goverment: G2G,G2B,G2C
melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat.



Daftar Pustaka:
1. https://suiryuk.wordpress.com/2012/10/17/pengertian-e-commerce/
2. https://fardiansyah7fold.wordpress.com/e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia/

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon