Bisnis Online - Electronic
Commerce (E-Commerce) didefinisikan sebagai proses pembelian dan penjualan
produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan
jaringan komputer. Salah satu jaringan yang digunakan adalah internet.
Sementara
itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif,
yaitu:
1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi,
produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi
lainnya;
2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju
otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;
3. Dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk
mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan
4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan
membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online
lainnya.
PERKEMBANGAN E-COMMERCE
Di Indonesia, sistem E-commerce ini kurang populer, karena banyak
pengguna internet yang masih meragukan keamanan sistem ini, dan kurangnya
pengetahuan mereka mengenai apa itu E-Commerce yang sebenarnya. Sehingga sampai
saat ini, web resmi yang telah menyelenggarakan e-commerce di Indonesia adalah
RisTI Shop. Risti, yaitu Divisi Riset dan Teknologi Informasi milik PT. Telkom,
menyediakan layanan e-commerce untuk penyediaan informasi produk peralatan
telekomunikasi dan non-telekomunikasi. Web ini juga telah mendukung proses
transaksi secara online.
E-Commerce sendiri berasal dari layanan EDI (Electronic Data Interchange), layanan EDI ini telah berkembang sedemikian pesatnya di negara negara yang mempunyai jaringan komputer dan telepon. Jika sebelumnya kita telah sering menggunakan media elektronik seperti telepon, fax, hingga handphone untuk melakukan perniagaan atau perdagangan, sekarang ini, kita dapat menggunaka internet untuk melakukan perniagaan.
E-Commerce memiliki beberapa jenis, yaitu:
1. Business to business (B2B), bisnis antara perusahaan dengan perusahaan lain.
2. Business to consumer (B2C), retail sifatnya melayani pelanggan yang bervariasi.
3. Consumer to consumer (C2C), sifatnya lelang (auction)
4. Goverment: G2G,G2B,G2C
melakukan layanan terhadap perusahaan untuk keperluan bisnis hingga melayani masyarakat.
Daftar Pustaka:
1. https://suiryuk.wordpress.com/2012/10/17/pengertian-e-commerce/
2. https://fardiansyah7fold.wordpress.com/e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia/
2. https://fardiansyah7fold.wordpress.com/e-commerce-dan-perkembangannya-di-indonesia/
EmoticonEmoticon